Resep rendanag jengkol sederhana enak

Apabila bicara jengkol serta beberapa temannya seperti petai tentu banyak yang tidak menyenangi makanan ini. Serta untuk beberapa penggemar jengkol, jengkol tetap dicari sebab sangatlah baik. Apakah anda  termasuk juga penggemar jengkol ? Rasa-rasanya enak juga gak ya?  jika di masakan bumbu rendang,  jadi seperti makan rendang daging asli kali ya?

Ya itu semua bergantung selera masing ya, jika aku pribadi masih senang jengkol. Jadi ingin dikonsumsi mentah atau direbus untuk lalapan dengan saus cabe juga enak. semua  kembali pada mengolah jengkol itu sendiri, contohnya balado jengkol, rendang jengkol padang, jengkol oseng, sauce jengkol, jengkol goreng, jengkol betawi serta pedas jengkol, wuih masih banyak lagi olahan jengkol yang harus kalian cobs. Masakan jengkol paling baik dikonsumsi dengan nasi putih hangat yang pulen dengan sauce. Seperti oseng genjer, oseng kangkung, oseng buncis, oseng bakso putren dan lain-lain.

Rendang jengkol
Gambar : ig @rinihasrita

Nah, di  kesempatan ini saya akan share salah satunya bahan jengkol yang legendaris serta digemari oleh beberapa orang yakni Resep serta metode Membuat Rendang Jengkol yang sederhana. Beberapa orang yang menyukai rendang jengkol, tetapi sayang banyak yang belum mengetahui kunci keberhasilan bagaimana membuat rendang jengkol yang empuk serta tidak bau waktu makan. Walau sebenarnya tips-nya benar-benar gampang loh.

Supaya hasil jengkol berasa lembut serta tidak bau waktu dalam langkah mengolah lumayan sederhana. Itu cukup rendam semalaman jengkol dengan air ditambah pakai sedikit kapur sirih. metode ini cukup efisien untuk hilangkan berbau dari jengkol sebab dapat menetralkan berbau jengkol yang menusuk dan tak mengurangi kesedapan jengkol waktu olah.

Ramuan rempah-rempah yang umum membuat rendang jengkol resep sebetulnya lumayan sederhana. Rempah-rempah rendang yang dipakai diantaranya jahe, serai, kemiri, kunyit, bawang putih, bawang merah serta santan. Untuk membuat ialah mengoseng rempah-rempah dan dibuat dengan santan kelapa serta rebusan jengkol awalnya di geprek hingga bumbu menyerap. Gabungan bumbu ciri khas rendang Padang yang kuat benar-benar nikmat digabungkan dengan gurihnya fresh santan.

Oleh karenanya resep ini sangat patut untuk anda coba dirumah, untuk kelurga tersayang. tak berlama- lama yuk langsung saja simak proses memasak rendang jengkol yang sederhana ini 

Bahan yang dibperukan: 

  1. Jengkol 1/2 kilo gr 
  2. Panci tebal 
  3. 1/2 liter santan kelapa
  4. 2 lembar daun salam 
  5. Jahe 1 ruas jahe 
  6. 1 Tangkai sereh (dimemarkan) 
  7. Rebus air 1/4 liter 
  8. Garam seperlunya 
  9. Rasa gula serta rasa 
  10. minyak goreng 

Bumbu Rendang:

Bawang Merah 10 siung - Bawang putih 6 siung - 5 cabai merah (favorit) - Kacang Pecan 4 biji (dipanggang) - Kunyit 1 sendi jemari 

Cara Membuat Rendang Jengkol Enak

  1. Bersihkan sampai bersih jengkol yang sudah dicelup dengan air daun atau air jeruk nipis selanjutnya direbus sampai 1/2 masak / empuk, angkat serta keringkan.
  2. Seterusnya tumbuk jengkol satu demi satu sampai cukup rata atau rata. Ini buat supaya bumbu rendang menyerap ke jengkol.
  3. Panasi minyak goreng serta aduk-aduk rempah-rempah dan daun salam, jahe serta serai sampai wangi. masukan jengkol, lalu tambahkan air secukupnya. Masak sampai jengkol betul-betul lembut.
  4. Masukan sedikit santan kelapa dikit demi sedikit sekalian terus diaduk supaya santan tidak pecah.
  5. tahap terakhir tambah garam, gula serta perasa yang diaduk dengan perlahan, sampai rempah-rempah menyerap dan textur jengkol makin empuk..
  6. Angkat rendang jengkol yang empuk, nikmat, serta tidak berbau dan yang sangat nikmat siap dihidangkan. tambhan rencah agar lebih gurih tambahkan dengan bawang goreng diatas hidangan.
Silakan di kreativitaskan sendiri metode Membuat Rendang Jengkol sederhana, Empuk dan Tidak Berbau, Bila ingin pedas seperti olahan resep rendang jengkol khas minang  tambahkan saja cabai rawit serta cabai merah sesuai dengan selera anda.

Salam nyam- nyam makan sedap, dan semoga resep rendanag jengkol sederhana dan tidak berbau ini bermanfaat untuk anda. terus pantau blog RESEP JUADAH  agar kreasi masak mu lebih beragam dan menggugah selera.

0 Response to "Resep rendanag jengkol sederhana enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel